Komputer dan Masyarakat IX

KOMPUTER DAN PENDIDIKAN
(E-LEARNING)

SESI - 9


PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN SDM :
KEHIDUPAN MANUSIA YANG TIDAK DAPAT LEPAS DARI TEKNOLOGI BERBASIS KOMPUTER  ALAT SERTA MEDIA PENGEMBANGAN DAN PENYAMPAIAN MAUPUN SEBAGAI MUATAN PEMBELAJARAN.

E-LEARNING :
SISTEM PEMBELAJARAN YANG BERKEMBANG DENGAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI BERBASIS KOMPUTER  EFISIEN DILIHAT DARI SEGI WAKTU, JARAK DAN BIAYA.

BEBERAPA PAKAR MENGURAIKAN DEFINISI E-LEARNING:
(1) SUATU JENIS BELAJAR MENGAJAR YANG MEMUNGKINKAN TERSAMPAIKANNYA BAHAN AJAR KE SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA INTERNET, INTRANET ATAU MEDIA JARINGAN KOMPUTER LAIN (HARTLEY, 2001).

(2) SISTEM PENDIDIKAN YANG MENGGUNAKAN APLIKASI ELEKTRONIK UNTUK MENDUKUNG BELAJAR MENGAJAR DENGAN MEDIA INTERNET, JARINGAN KOMPUTER, MAUPUN KOMPUTER STANDALONE (LEARNFRAME.COM, 2001).

(3) SEMUA YANG MENCAKUP PEMANFAATAN KOMPUTER DALAM MENUNJANG PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN, TERMASUK DI DALAMNYA PENGGUNAAN MOBILE TECHNOLOGIES SEPERTI PDA DAN MP3 PLAYERS. JUGA PENGGUNAAN TEACHING MATERIALS BERBASIS WEB DAN HYPERMEDIA, MULTIMEDIA CD-ROM ATAU WEB SITES, FORUM DISKUSI, PERANGKAT LUNAK KOLABORATIF, E-MAIL, BLOGS, WIKIS, COMPUTER AIDED ASSESSMENT, ANIMASI PENDIDKAN, SIMULASI, PERMAINAN, PERANGKAT LUNAK MANAJEMEN PEMBELAJARAN, ELECTRONIC VOTING SYSTEMS, DAN LAIN-LAIN. JUGA DAPAT BERUPA KOMBINASI DARI PENGGUNAAN MEDIA YANG BERBEDA (THOMAS TOTH, 2003; ATHABASCA UNIVERSITY, WIKIPEDIA).

(4) TERDIRI DARI DUA BAGIAN YAITU E- YANG MERUPAKAN SINGKATAN DARI ELEKTRONIKA DAN LEARNING YANG BERARTI PEMBELAJARAN. JADI E-LEARNING BERARTI PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN JASA BANTUAN PERANGKAT ELEKTRONIKA, KHUSUSNYA PERANGKAT KOMPUTER. (MARYATI S.PD.,).

(5) PROSES PEMBELAJARAN YANG MEMANFAATKAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) SECARA SISTEMATIS DENGAN MENGINTEGRASIKAN SEMUA KOMPONEN PEMBELAJARAN, TERMASUK INTERAKSI PEMBELAJARAN LINTAS RUANG DAN WAKTU, DENGAN KUALITAS YANG TERJAMIN.( PROF. DR. SULISTYOWENI WIDANARKO (BPMA)).

(6) SEBUAH RANCANGAN APLIKASI UNTUK PENGELOLAAN DAN PENDISTRIBUSIAN MATERI PENDIDIKAN DAN LATIHAN MELALUI BERBAGAI MEDIA ELEKTRONIK, SEPERTI INTERNET, LAN, WAN, BROADBAND, WIRELESS, DAN SEBAGAINYA. (NOVIRA PUTRI AYUNINGTYAS).

(7) MATERI TRAINING YANG DI-ONLINE-KAN MELIPUTI PROSES DISTRIBUSI INFORMASI, KOMUNIKASI, EDUKASI, PELATIHAN, DAN MANAJEMEN PENGETAHUAN.

(8) SISTEM BERBASIS WEB (INTERNET) YANG MEMUNGKINKAN INFORMASI DAN PENGETAHUAN DAPAT DIAKSES OLEH SIAPA SAJA YANG BERHAK SERTA KAPAN SAJA DAN DIMANA SAJA.

(9) MEMBERIKAN PERANGKAT BARU UNTUK MEMBERIKAN NILAI TAMBAH PADA BERBAGAI MODEL PENDIDIKAN TRADISIONAL DI KELAS, BUKU PELAJARAN, CD-ROM, SERTA PELATIHAN BERBASIS KOMPUTER LAINNYA.

(10) SUATU PROSES BELAJAR MENGAJAR YANG MEMANFAATKAN TEKNOLOGI INFORMASI (DALAM HAL INI INTERNET) SEBAGAI SARANA EFEKTIF DAN MEMPERLUAS PENGETAHUAN SESUAI DENGAN PERKEMBANGAN ILMU SECARA REAL-TIME.

(11) TIDAK AKAN MENGGANTIKAN PERTEMUAN DI KELAS TETAPI MENINGKATKAN DAN MENGAMBIL MANFAAT DARI MATERI-MATERI DAN TEKNOLOGI PENGIRIMAN BARU UNTUK MENDUKUNG PROSES BELAJAR MENGAJAR.

(12) DENGAN E-LEARNING, PARA SISWA AKAN LEBIH DIBERDAYAKAN KARENA KINI PROSES BELAJAR-MENGAJAR TIDAK LAGI BERPUSAT PADA GURU TETAPI BERALIH KE SISWA.

(13) DENGAN KONEKSI KE INTERNET, SEORANG SISWA PUNYA AKSES KE BERBAGAI SUMBER INFORMASI YANG TAK TERBATAS.

(14) SELAIN ITU, E-LEARNING BERSIFAT INDIVIDUAL SEHINGGA SISWA YANG AKTIF DAN CEPAT MENYERAP MATERI PELATIHAN AKAN BISA MAJU DENGAN LEBIH CEPAT.


KELEBIHAN E-LEARNING MENURUT ROSENBERG[4] :
1. MEMERLUKAN BIAYA YANG LEBIH RENDAH.
• MENGURANGI BIAYA PERJALANAN,
• MEMANGKAS WAKTU YANG DIGUNAKAN UNTUK PENGAJARAN
• MENGURANGI SECARA SIGNIFIKAN KEBUTUHAN PENYEDIAAN INFRASTUKTUR KELAS UNTUK PROSES PEMBELAJARAN.
2. MENYEDIAKAN AKSES TAK TERBATAS.
MENANGANI SECARA TAK TERBATAS JUMLAH PENGGUNA VIRTUAL SECARA SIMULTAN.
3. VARIASI PENYEDIAAN KONTEN.
MENG-KOSTUMISASI KONTEN UNTUK PROSES PEMBELAJARAN YANG BERBEDA SESUAI DENGAN KEBUTUHAN.
4. SELALU UP TO DATE.
SANGAT MUDAH UNTUK DILAKUKAN PEMUTAKHIRAN DENGAN CEPAT.

5. PEMBELAJARAN ON-LINE.
PENGGUNA DAPAT MELAKUKAN AKSES DIMANA SAJA DAN KAPAN SAJA SETIAP SAAT.
6. UNIVERSAL.
DISESUAIKAN DENGAN PROTOKOL UNIVERSAL (CONTOH INTERNET DAN BROWSER).
7. KOMUNITAS.
MENDORONG DAN MENFASILITASI TERBENTUKNYA KOMUNITAS DENGAN BERAGAM MINAT DAN KEPENTINGAN.
8. MAMPU MENANGANI BERBAGAI SKALA.
SOLUSI DALAM BERBAGAI SKALA DENGAN HANYA MEMBUTUHKAN PERUBAHAN SEDIKIT DALAM PENGEMBANGANNYA BAIK INFRASTRUKTUR MAUPUN BIAYA.
9. MENINGKATKAN LAYANAN.
EFEKTIF MENINGKATKAN LAYANAN PADA PROSES PEMBELAJARAN.

KEUNTUNGAN LAIN MENGGUNAKAN E-LEARNING :
(1) MENGHEMAT WAKTU PROSES BELAJAR MENGAJAR,
(2) MENGURANGI BIAYA PERJALANAN,
(3) MENGHEMAT BIAYA PENDIDIKAN SECARA KESELURUHAN (INFRASTRUKTUR, PERALATAN, BUKU),
(4) MENJANGKAU WILAYAH GEOGRAFIS YANG LEBIH LUAS,
(5) MELATIH PELAJAR LEBIH MANDIRI DALAM MENDAPATKAN ILMU PENGETAHUAN.


HAL-HAL PENTING PROSES INTERAKSI DAN KOMUNIKASI ANTAR INDIVIDU  E-LEARNING :
(1) KONTEN YANG MENITIK BERATKAN PADA KEBUTUHAN SASARAN PEMBELAJARAN (USER)
(2) PENGGUNAAN TEKNOLOGI DALAM PROSES PENYAMPAIANNYA
(3) ADANYA KEBIJAKAN
(4) PENGELOLAAN PENYELENGGARAAN E-LEARNING.


TERDAPAT TIGA ASPEK PENTING UNTUK MEMBANGUN E-LEARNING :
(1) KONTEN :
OBYEK PEMBELAJARAN YANG MENJADI SALAH SATU PARAMETER KEBERHASILAN E-LEARNING MELALUI JENIS, ISI DAN BOBOT KONTEN.
• KONTEN YANG BERSIFAT TEACHER-CENTERED YAITU KONTEN INSTRUKSIONAL YANG BERSIFAT PROSEDURAL, DEKLARATIF SERTA TERDEFINISI DENGAN BAIK DAN JELAS.
• KONTEN YANG BERSIFAT LEARNER-CENTERED YAITU KONTEN YANG MENYAJIKAN HASIL (OUTCOMES) DARI INSTRUKSIONAL YANG TERFOKUS PADA PENGEMBANGAN KREATIFITAS DAN MEMAKSIMALKAN KEMANDIRIAN.
• MENYEDIAKAN CONTOH KERJA (WORK EXAMPLE) PADA MATERIAL KONTEN.
• KONTEN BERUPA GAMES-GAMES EDUKATIF SEBAGAI MEDIA BERLATIH ALAT BANTU PEMBUATAN PERTANYAAN.
MATERI KONTEN :
1. INFORMASI--BERISI INFORMASI YANG INGIN DISAMPAIKAN PADA USER MENGENAI PENGAJARAN YANG AKAN DIIKUTI.
BENTUK MODUL INFORMASI : SILABUS, BERITA DAN INFORMASI, PENGUMUMAN DSB.
2. MATERI PEMBELAJARAN.
BERISI MATERI PEMBELAJARAN : BERBAGAI JENIS FORMAT SEPERTI : TEKS, GAMBAR, FOTO, GRAFIK, SLIDE PRESENTASI, ANIMASI, HTML, AUDIO (NARASI, AUDIO STREAMING, AUDIO
RECORDED), VIDEO (VIDEO RECORDED, VIDEO STREAMING).
3. INTERAKSI DAN KOMUNIKASI.
KONTEN YANG MEMFASILITASI PROSES INTERAKSI DAN KOMUNIKASI BAIK ANTARA SISWA DAN SISWA MAUPUN SISWA DAN TRAINER, SECARA LANGSUNG SYNCHRONOUS) MAUPUN TIDAK LANGSUNG (ASYNCHRONOUS);
4. TUGAS, TES DAN EVALUASI SISWA.
KONTEN YANG BERISI AKTIFITAS PENUGASAN, TES SERTA EVALUASI BAGI SISWA.
5. SUMBER DAYA DIGITAL (DIGITAL RESOURCES). KONTEN YANG BERISI BERBAGAI SUMBER DAYA PEMBELAJARAN BERBENTUK DIGITAL DAN/ATAU ONLINE.

(2) TEKNOLOGI

PROSES PENYAMPAIAN PEMBELAJARAN :
A. JARINGAN TELEPON PSTN YANG SANGAT LUAS, PENGGUNAAN JARINGAN BERBASIS SERAT OPTIK HINGGA TEKNOLOGI NIRKABEL BERGERAK : JARINGAN GSM (GPRS, EDGE, 3G) MAUPUN CDMA (EV-DO) MAMPU MEMBERIKAN LAYANAN YANG SANGAT BAIK.
B. LAYANAN-LAYANAN SECARA REALTIME SEPERTI VIDEO CONFERENCE, VIDEO STREAMING DAN SEBAGAINYA.


PERENCANAAN INFRASTRUKTUR JARINGAN:
A. MODEL KONEKSI JARINGAN.
PENGEMBANGAN KONEKSI MELALUI DUA PENDEKATAN YAITU: (1) KONEKSI LOKAL (INTRANET) SERTA; (2) KONEKSI GLOBAL (INTERNET).
B. BANDWIDTH.
KAPASITAS BANDWIDTH YANG DISEDIAKAN HARUS MELALUI PERHITUNGAN DAN ANALISIS YANG TEPAT TERUTAMA PADA KEBUTUHAN DAN KETERSEDIAAN BANDWIDTH YANG ADA.
C. LOKASI/GEDUNG.
MENYEDIAKAN LOKASI/GEDUNG YANG REPRESENTATIF BAIK DARI KEMUDAHAN AKSES LOKASI, KEMUDAHAN PENEMPATAN HARDWARE DAN JARINGAN SERTA KEAMANANNYA.
D. MANAJEMEN INFRASTRUKTUR.
MEMASTIKAN JALANNYA KOMPONEN INFRASTRUKTUR, MEMPERKECIL GANGGUAN TERHADAP JALANNYA SISTEM SERTA MEMASTIKAN KELANCARAN AKSES SISTEM.
E. STAF TI.
STAF YANG MEMPUNYAI PENGETAHUAN DAN KEAHLIAN TEKNIS DALAM PLATFORM SISTEM E-LEARNING DAN PENGELOLAAN INFRASTRUKTUR TEKNOLOGI.

(3) MANAJEMEN

ASPEK PENGELOLAAN MEMBUTUHKAN ORGANISASI PEMBELAJARAN YANG BAIK SERTA LENGKAP DAN DIMULAI DARI PERENCANAAN YANG MATANG SERTA FOKUS TERHADAP ORGANISASI DAN PERSONEL.

BEBERAPA PERSONEL KUNCI YANG MEMEGANG PERANAN DALAM BERLANGSUNGNYA PROGRAM PEMBELAJARAN(KRIDANTO, ADI, HUSNI[3]) :
(1) SISWA (STUDENT).
(2) PENGAJAR (TEACHER).
(3) INSTRUKTUR (INSTRUCTOR).
(4) ADMINISTRATOR.
(5) SUPPORT STAFF/HELPDESK.
(6) INSTITUSI PENYELENGGARA

KOMPONEN E-LEARNING :
(1) PERANGKAT KERAS
(2) INFRASTRUKTUR/JARINGAN
(3) PERANGKAT LUNAK
(4) MATERI/ISI
(5) STRATEGI INTERAKSI
(6) PEMERAN (DOSEN, MAHASISWA DAN LAIN-LAIN)

ELEMEN PENDUKUNG ORGANISASI PEMBELAJARAN(HILL[2]) BERFUNGSI :
1. PENYEDIA INFORMASI (INFORMATION SERVICES).
MENJADI SARANA PENYEDIA INFORMASI YANG BERKAITAN DENGAN PROSES PEMBELAJARAN.
2. PELATIHAN (TRAINING).
MEMFASILITASI KEBUTUHAN PELATIHAN BAIK UNTUK SISWA DAN PENGAJAR MAUPUN PIHAK-PIHAK LAIN YANG MEMBUTUHKAN.
3. KONSULTASI (CONSULTING).
MEMBERIKAN PELAYANAN BERUPA SARAN DAN PENDAPAT.
4. PENGEMBANGAN KURIKULUM DAN MATERIAJAR (CURICULUM AND MATERIAL DEVELOPMENT). PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN AGAR DAPAT SESUAI DENGAN TUJUAN OBYEKTIF E-LEARNING.
5. PENELITIAN (RESEARCH).
MENCARI FORMULA DAN BENTUK-BENTUK PENGEMBANGAN BARU YANG LEBIH BAIK UNTUK DAPAT DICAPAI.

PENGEMBANGAN FUNGSI UNIT-UNIT ORGANISASI YANG LEBIH BERSIFAT STRATEGIS KE ARAH PENDEKATAN MODUL BISNIS :
1. MARKETING DAN PROMOSI (MARKETING AND PROMOTION).
2. ADMINISTRASI (ADMINISTRATION).
3. TEKNIS (TECHNICAL).
KETIGA ASPEK DI ATAS MERUPAKAN :
PROSES PERANCANGAN DALAM RANGKA PEMBANGUNAN DAN PENGEMBANGAN SISTEM E-LEARNING YANG BAIK.



IMPLEMENTASI ELEMEN-ELEMEN TERSEBUT :
DISESUAIKAN SECARA DINAMIS SESUAI DENGAN KEBUTUHAN, KEMAMPUAN DAN KONDISI LINGKUNGAN IMPLEMENTASI.

HASIL DAN PENCAPAIAN PADA LINGKUNGAN IMPLEMENTASI :
DAPAT DIEVALUASI DAN DIUKUR MELALUI INTANGIBLE VALUE SEPERTI :
• PENINGKATAN KEPUASAN USER.
• PENINGKATAN EFISIENSI OPERASIONAL DAN PENINGKATAN PERFORMA PERSONEL DENGAN MENGGUNAKAN STANDAR PENGUKURAN TERTENTU SEPERTI IT GOVERNANCE DAN PERFORMANCE MEASUREMENT SYSTEM (PMS).

REFERENSI.

[1]. Clark, Ruth C., Mayer, Richard E. (2003), e-learning and The Science of Instruction, John Wiley & Sons, Inc., Pfeiffer.
[2]. Hill, Melanie N. (1998), Staffing a distance learning team: whom do you really need?, Online Journal of Distance Learning Administration, 1, State University of West Georgia.
[3]. Kridanto Surendro, Adi Mulyanto, Husni Sastramihardja. (2000), Towards the development of distance learning system, http://www.aeeseap.org/conf2000/kontens/03/0303.pdf
[4]. Rosenberg, Marc J. (2001), Strategies for Delivering Knowledge in The Digital Age, McGraw Hill.

MEMBANGUN DAN MENGONTROL SISTEM PEMBELAJARAN
SISTEM PEMBELAJARAN :
SISTEM PEMBELAJARAN BERDASARKAN SISTEM MANAJEMEN MUTU.

SISTEN MANAJEMEN MUTU--DEFINISI DARI STANDAR ISO 9000 :
(1) STRUKTUR ORGANISASI, TANGGUNG JAWAB,PROSEDUR¬PROSEDUR, DAN SUMBER-SUMBER DAYA UNTUK PENERAPAN MANAJEMEN MUTU.
(2) SEKUMPULAN PROSEDUR TERDOKUMENTASI DAN PRAKTEK-PRAKTEK STANDAR UNTUK MANAJEMEN SISTEM YANG BERTUJUAN MENJAMIN KESESUAIAN DARI SUATU PROSES DAN PRODUK TERHADAP KEBUTUHAN ATAU PERSYARATAN TERTENTU.


SISTEM MANAJEMEN MUTU :
CLOSED LOOP SYSTEM YANG MENCAKUP DETEKSI, UMPAN BALIK, KOREKSI, YANG HARUS DIARAHKAN PADA PENCEGAHAN KESALAHAN SEJAK TAHAP AWAL.
PERNYATAAN GASPERSZ(2001) :
BANYAK SISTEM MANAJEMEN KUALITAS TIDAK EFEKTIF 100 % PADA PENCEGAHAN SEMATA  MANAJEMEN KUALITAS BERLANDASKAN PADA TINDAKAN KOREKTIF  MASALAH-MASALAH YANG DITEMUKAN.
TIGA KOMPONEN UTAMA SISTEM MANAJEMEN PERGURUAN TINGGI:
(1) SUMBERDAYA MANUSIA (SDM) & DOSEN
(2) MATERI KULIAH/PRAKTIKUM
(3) PROSES BELAJAR (DIDALAM/DILUAR KELAS)

KOMPONEN LAIN :
• DANA
• INSTRUMENTAL IN-PUT--UNDANG-UNDANG/ PERATURAN PEMERINTAH.
KETIGA KOMPONEN UTAMA PERLU DIKENDALIKAN—CONTROL.
INTERNAL IN-PUT /OUT-PUT :
PENCEGAHAN AWAL DARI KESALAHAN PADA OUT-PUT AKHIR.

KUALIFIKASI SDM & DOSEN :
(1) KOMPETENSI DALAM BIDANGNYA
(2) KEMAMPUAN & MOTIVASI UNTUK BERKEMBANG
(3) KEMAMPUAN & MOTIVASI KERJASAMA TIM
(4) KEMAMPUAN MENGAJAR ( KHUSUS DOSEN )
(5) KEMAMPUAN & MOTIVASI MELAKUKAN PENELITIAN ( KHUSUS DOSEN )

FUNGSI-FUNGSI MODEL MANAJEMEN PERGURUAN TINGGISISTEM MANAJEMEN MUTU:
(1) FUNGSI RISET DAN PENGEMBANGAN,
(2) FUNGSI PEMASARAN,
(3) FUNGSI OPERASIONAL ,
(4) FUNGSI PENGENDALIAN MUTU,
(5) FUNGSI ADMINISTRASI & KEUANGAN.

TOLOK UKUR KINERJA DOSEN :
(1) INDEK KINERJA DOSEN (IKD)
(2) PENINGKATAN JENJANG KEPANGKATAN JABATAN FUNGSIONAL DOSEN(SETIAP 4 TAHUN).
PENELITIAN BERSAMA :
DIBENTUK MENJADI BEBERAPA JUDUL PENELITIAN.
MENCARI DATA DAN ANALISIS DATA--MAHASISWA DILIBATKANPENGALAMAN PRAKTIS PENELITIAN.

SEMINAR-SEMINAR TINGKAT NASIONAL :
WADAH UNTUK MENAMPUNG HASIL-HASIL PENELITIAN  KEWAJIBAN PERGURUAN TINGGI YANG MENYELANGGARAKAN.
KERJASAMA DENGAN INDUSTRI DALAM PENYELENGGARAAN SEMINAR :
MENGURANGI DANA YANG DIKELUARKAN OLEH PERGURUAN TINGGI.
KEGIATAN SEMINAR & JOB EXPO-- TOPIK YANG MENARIK UNTUK DILAKSANAKAN.

MATERI KULIAH/PRAKTIKUM, SPESIFIKASI DAN ISINYA DITENTUKAN OLEH PROGRAM STUDI
DENGAN TUJUAN UNTUK MENCAPAI SASARAN MUTU YANG TELAH DITETAPKAN.

DOSEN-DOSEN KELOMPOK BIDANG ILMU/KOMPETENSI :
MERANCANG DAN MENGEMBANGKAN MATERI KULIAH/PRAKTIKUM  DITETAPKAN OLEH PROGRAM STUDI.

EVALUASI DAN REVISI MATERI :
DILAKUKAN SECARA TERUS-MENERUS  DOSEN-DOSEN SECARA INDIVIDUAL OLEH PROGRAM STUDI SECARA STRUKTURAL.

DAFTAR PUSTAKA
Deming, W.E. 1986. Out of the Crisis., Massachusetts Institute of Technology, Massachustts.
Gaspersz, Vincent. 2001. ISO 9001:2000 and continual quality improvement ., Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Gaspersz, Vincent. 2003. Total Quality Management., Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Kemenade, E.V. and Paul Garre. 2000. Teach What You Preach –Higher Education and Business : Partners and Route to Quality. Quality Progress Vol. 39, No. 9, September 2000, pp. 33-39.
Spanbauer, S.J. 1992. A Quality for Education. American Society for Quality Control Quality Press, Milwaukee, Wisconsin.
Smith, E.A. 2000. Applying Knowledge Enabling Methods In Classroom and In The Workplace. Journal of Workplace Learning, 12(6), pp. 236-244. Diakses dari www.emerald-library.com

0 komentar:

Posting Komentar