Komputer dan Masyarakat I

KOMPUTER DAN MASYARAKAT :

SUATU DISIPLIN ILMU YANG MENGKAJI PEMANFAATAN KOMPUTER DAN DAMPAKNYA TERHADAP MASYARAKAT.
PERBEDAAN PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMPUTER DNG TEKNOLOGI LAIN :

KURANG 3 DASAWARSA PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMPUTER:KOMPUTER MAINFRAME KE LAPTOP/NOTEBOOK, BERBEDA DNG
TEKNOLOGI LAIN.

PEMANFAATAN KOMPUTER DI BERBAGAI BIDANG PEKERJAAN :

(1) MAILTRACKING;

(2) ANIMASI : GRAFIKA KOMPUTER DAN PENGOLAHAN CITRA;
(3) PERPUSTAKAAN;
(4) PELAYANAN RUMAH SAKIT, PERBANKAN DAN PELAYANAN PUBLIK LAIN;
(5) PEMESANAN TIKET PESAWAT TERBANG;
(6) ADMINISTRASI NEGARA;


BERBAGAI APLIKASI KOMPUTER :

(1) MOBIL PANDAI DNG PENGOLAH MIKRO U/ MENCEGAH MESIN TIDAK PANAS, MEMANTAU PUTARAN MESIN, DAN BEBAN MESIN SERTA PENGGUNAAN GIGI TRANSMISI YANG TEPAT;
(2) PERPUSTAKAAN ELEKTRONIK;
(3) PENGENDALIAN LALIN UDARA;
(4) PENGOLAHAN DATA CUACA;
(5) PERMAINAN VIDEO.


PERANGKAT LUNAK :

- PROGRAM KOMPUTER—SEKUMPULAN PERINTAH—YANG BILA DIEKSEKUSI MEMBERIKAN FUNGSI DAN KINERJA YANG DIINGINKAN.
- STRUKTUR DATA YANG MEMUNGKINKAN PROGRAM MEMANIPULASI INFORMASI SECARA PROPORSIONAL.
- DOKUMEN YANG MENGGAMBARKAN OPERASI DAN KEGUNAAN PROGRAM.


KARAKTERISTIK PERANGKAT LUNAK :

(1) DIBANGUN DAN DIKEMBANGKAN.
(2) TIDAK PERNAH USANG.
(3) SEBAGIAN BESAR DIKEMBANGKAN SECARA CUSTOM-BUILT (TAK DAPAT DIRAKIT DARI KOMPONEN YANG ADA).

AREA PERANGKAT LUNAK :

(1) PERANGKAT LUNAK SISTEM :
SEKUMPULAN PROGRAM YANG DIGUNAKAN UNTUK MELAYANI PROGRAM LAIN.
CONTOH : COMPILER, EDITOR, UTILITY, OPERATING SYSTEM, DRIVER, PROCESSOR OF TELECOMMUNICATION.

(2) PERANGKAT LUNAK RAEL-TIME :
SEKUMPULAN PROGRAM YANG MEMONITOR / MENGANALISIS / MENGONTROL EVENT THE REAL WORLD DIMANA SISTEMNYA HARUS MERESPON DALAM RENTANG WAKTU YANG TETAP.

(3) PERANGKAT LUNAK BISNIS :
UNTUK MENYUSUN STRUKTUR DATA KEMBALI DENGAN CARA TERTENTU DAN MEMPERLANCAR OPERASI BISNIS / PENGAMBILAN KEPUTUSAN MANAJEMEN.
CONTOH : PAYROLL, A/R DAN A/P, INVENTORY DLL.

(4) PERANGKAT LUNAK TEKNIK DAN ILMU
PENGETAHUAN :
MENGGUNAKAN ALGORITMA NUMBER-CRUNCHING DAN BERKEMBANG MENJAUH DARI ALGORITMA NUMERIK.
CONTOH : CAD, SIMULASI SISTEM DAN APLIKASI INTERAKTIF

(5) EMBEDDED SOFTWARE :
DALAM READ ONLY MEMORY, MELAKUKAN FUNGSI TERBATAS DAN FUNGSI ESOTERIK SERTA FUNGSI PENEGNDALIAN.
CONTOH : FUNGSI DIGITAL DI MOBIL : KONTROL BAHAN BAKAR, SISTEM REM DAN PENAMPILAN DASH-BOARD.

(6) PERANGKAT LUNAK KOMPUTER PESONAL :
CONTOH : WORDPROCESSOR, SPREADSHEET, GRAFIK KOMPUTER, MULTIMEDIA, HIBURAN, MANAJEMN DATABASE, APLIKASI KEUANGAN BISNIS / PRIBADI, JARINGAN EKSTERNAL / AKSES DATABASE.

(7) PERANGKAT LUNAK KECERDASAN BUATAN :
MENGGUNAKAN ALGORITMA NON-NUMERIK à PEMECAHAN MASALAH KOMPLEKS—BUKAN PERHITUNGAN / ANALISIS LANGSUNG.

0 komentar:

Posting Komentar